Sabtu, 09 Oktober 2010

Genre Musik Blues Yang Berpengeruh

Banyak genre musik populer yang terpengaruh oleh genre musik populer lainnya tetapi , genre musik Blues lah yang paling berpengaruh terhadap genre musik seperti Jazz, rock, country, dan metal.
Sanagt jelas bagi saya musik jazz terpengarung oleh music blues. Sebelum musik jazz yang dimulai pada tahun 1900 satu-satunya pemain gitar yang paling popular saat itu adalah pemain blues. pada permainan gitar blues menambahkan solo di antara frase-frase vocal, dan ide-ide yang di inprovisasikan, ini akhirnya mengarah pada perkembangan permainan Jazz. Salah satu contohnya adalah Lonnie Johnson. Patut digarisbawahi bahwa jazz muncul pertama kali pada tahun 1868 di Amerika, tepatnya di Kota New Orleans. Awalnya, jazz adalah musik tradisional karena mewakili ekspresi dan kultur masyarakat kulit hitam di Amerika yang tertindas. Jenis musik ini lahir dari rintihan penderitaan kaum negro akibat rasialisme yang waktu itu sangat mendominasi kehidupan sosial politik di Amerika. Orang-orang yang berkulit hitam dianggap warga Negara kelas dua yang kehidupan ekonominya sangatlah memprihatinkan. Beberapa subgenre jazz adalah  Swing, Bebop, Hard Bop, Cool Jazz,  Free Jazz, Jazz Fusion, SmoothJazz, dan CafJazz.
 Rock and roll adalah genre musik yang berkembang di Amerika serikat di akhir tahun 1940-an, dan mencapai puncak populernya di awal tahun 1950. Ciri khasnya adalah pada ketukan (beat) yang biasanya dipadu dengan lirik. Rock and roll menggunakan beat yang didasarkan salah satu ritme musik blues yang disebut Boogie Woogie dan ditambah aksen backbeat yang hampir selalu diisi pukulan snare drum. sangat lah jelas kalau musik rock terpengruh oleh blues, dan banyak gitaris band rock yang gitarisnya memainkan ritme blues.
Pada akhir tahun 60-an dan awal 70-an, musk rock berkembang menjadi beberapa jenis. Yang bercampur dengan musik folk (musik daerah di amerika) menjadi folk rock, dengan blues menjadi blues-rock dan dengan jazz, menjadi jazz-rock fusion. Pada tahun 70an, rock menggabungkan pengaruh dari soul, funk, dan musik latin. Juga di tahun 70an, rock berkembang menjadi berbagai subgenre (sub-kategori) seperti soft rock, glam rock, heavy metal, hard rock, progressive rock, dan punk rock. Sub kategori rock yang mencuat ditahun 80an termasuk New Wave, hardcore punk dan alternative rock. Pada tahun 90an terdapat grunge, Britpop, indie rock dan nu metaMusik tradisional country dipengaruhi oleh blues, dan berkembang dari budaya Amerika kulit putih, terutama di kota Nashville. Beberapa artis country awal adalah Merle Haggard dan Buck Owens.Pengaruh musik blues pada musik Metal juga sangat jelas pada tahun 1970-an khususnya Heavy Metal seperti Led Zepplin, Black Sabbath, dan Deep Purple, Heavy Metal pada era tersebut masih dipengaruhi oleh elemen Blues yang kental. Judas Priest mengembangkan genre ini dengan menghilangkan unsur blues dan lebih mengandalkan distorsi, beat yang lebih cepat, dan harmoni. Pada akhir 70'an munculah New Wave oF British Heavy Metal yang dipelopori Motorhead, NWOBHM menggabungkan Punk dan Heavy Metal. Band-band NWOBHM lainya adalah Iron Maiden, Saxon, Venom, Diamond Head, dll. 

Disini terlihat jelas dan bisa disimpulkan bahwa pengaruh genre musik blues berpaengruh terhadap genre musik popular lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar