Minggu, 12 Mei 2013

Contoh Aplikasi Desktop Three Tier

Aplikasi CRUD Desktop Three Tier Dengan Bahasa Pemrograman Java


Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh sederhana Aplikasi Arsitektur Three Tier menggunakan bahasa bahasa pemrograman java dengan Framework Spring. Arsitektur Three Tier adalah sebuah metode pembuatan aplikasi berbasis client sarver yang membagi menjadi 3 lapis aplikasi/3 layer aplikasi yaitu, yang pertama dari sisi server misalnya database server, file server, mail server dan lain-lain, kemudian Application server yang melayani permintaan dari sisi Client/view, sedangkan pada sisi client sendiri berisikan user interface. Dan ketiga lapis aplikasi tersebut dihubungkan lewat jaringan komputer.

Dan aplikasi sederhana yang saya buat ini tidak menggunakan library java RMI atau Corba untuk remoting object melainkan menggunakan Spring Framework

Sebelumnya saya kita buat dulu database dengan menggunakan MySQL dan tanpa harus membuat table. Kita hanya perlu membuat database nya saja dengan nama "project". Hal ini karena kita akan memakai library java yaitu Java Persistance API untuk membuat table di database project. Dan memngukan Hibernate Framework untuk mambuat Query & Resultset ke database server.

Sekarang kita akan membuat aplikasi yang sebulumnya saya jelaskan tadi menggukan editor netBeans IDE. Pertama kita membuat terlebih dahulu 3 project seperti pada gambar ini :

  1. untuk membuat Project-API kita click file--> New Project & pada kolom category pilih java kemudian pada kolom project pilih java class library. Mengapa class library ? Karena Project-API akan menjadi library di Project-AppServer & Project-Client.
  2. Kemudia membuat Project-AppServer & Project-Client. Caranya click file --> new project dan pada kolom category pilih java, dan pada kolom project pilih Java Application.
Jika sudah mempersiapkan project jangan lupa kita ambil library & framework yg sudah disediakan oleh netBeans. Seperti gambar dibawah ini :



jika sudah silakan download project lengkapnya disini

catatan : artikel ini ditujukan bagi kita yang sudah memahami DAO dan MVC di pemrograman java.

jika sudah jalankan terlebih dahulu Project-AppServer kemudian Project-Client. Project-AppServer tidak boleh dijalankan/di running 2 kali.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar